Kamis, 15 Agustus 2024

Aplikasi Nyata Modul 1.1

A. Relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di Jawa Barat serta SMA Negeri 2 Babelan

Saat ini Pendidikan Indonesia telah mengalami transformasi menuju pendekatan pembelajaran yang lebh berpusat apda siswa dan menerapkan nilai-nilai kebebasan dalam proses belajar mengajar.

1.       Pendidikan sebagai panggilan jiwa

Ki hajar Dewantara mengajarkan bahwa Pendidikan bukan hanyansekadar proses transfer pengetahuan, tetapi juga panggilan jiwa untuk membentuk akrakter dan kepribadian individu. Pemikiran ini relevan dalam Pendidikan Indonesai modern yang semakin mengedepankan pembentukan karakter, nilai-nilai moral dan kepemimpinan

2.       Pendidikan untuk kemandirian

Ki hajar Dewantara sangat vocal dalam memperjuangkan Pendidikan yang membebaskan bangsa dari penjajahan pikiran. Hal ini relevan dengan tantangan Pendidikan saat ini di Indonesia yang berusaha untuk membangun generasi yang mandiri, kreatif, dan inovatif.

3.       Pendidikan Demokratis

Ki hajar Dewantara memperjuangkan Pendidikan yang demokratis, dimaan setiap individu memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan Pendidikan yang berkualitas. Di sekolah saya konsep ini tercermin dalam Upaya untuk emnciptakan lingkungan belaajr yang inklusif dan adil bagi semua siswa.

4.       Pengembangan Bahasa dan kebudayaan Indonesia

Sebagai pendiri Taman Siswa, Ki Hajar Dewantara menekankan pentingnya penggunaan dan pengembangan Bahasa Indonesia serta kebudayaan Indonesia dalam Pendidikan.. Di sekolah saya hal ini tercermin dalam Upaya untuk memperkuat identitas budaya local dan nasional melalui kurikulum dan kegiatan ekskul tari.

5.       Pendidikan sebagai sarana transformasi social

Pemikiran Ki Hajar dewnantara tentang Pendidikan sebagai sarana untuk mengubah Masyarakat dan emnciptakan perubahan social positif masih relevan dalam konteks Pendidikan saat ini, Dimana Pendidikan diharapkan dapat memberdayakan individu untuk berkntribusi pada Pembangunan social dan ekonomi bangsa.

B. Melihat pada diri sendiri sebagai seorang pendidik setelah mempelajari materi

Menghamba pada anak yaitu menghormati, memuliakan, dan memberikan layanan terbaik bagi mereka. Serta  sebagai pamong yang dapat mendidik sesuai minat dan potensi yang dimiliki anak.

C. Perubahan yang Bapak/Ibu lihat pada murid-murid Bapak/Ibu setelah mempelajari materi

Setelah mempelajari modul ini saya dapat mulai dengan memberikan lebih banyak ruang bagi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, emndorong kreativitas dan menghargai keberagaman. Saya juga dapat menyesuaikan pendekatan pembelajaran saya agar lebih mengakomodasi kebutuhan dan perkembangan individu setiap peserta didik sambil tetap mempertimbangkan nilai-nilai luhur budaya lokal.

0 komentar:

Posting Komentar

:) :D :( :-o @@, :s :wow: 8) :x :P :| ;) :lol: :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :!: :?: :idea: :arrow: :mrgreen: :-d